Pages - Menu

Rabu, 25 Juli 2018

Belajar Read Program PLC Dengan Cepat dan Mudah

Belajar Read Program PLC Dengan Cepat dan Mudah


     PLC merupakan komponen elektronika yang dapat digunakan untuk membuat sebuah automatic mesin. Sekarang ini banyak produsen yang mengeluarkan jenis - jenis dan brand PLC saah satunya saja adalah pabrikan Mitsubishi. Produsen ini sangat banyak memproduksi PLC dengan type yang berbeda. Tentunya dalam memahami PLC ini cukup sulit tetapi kamu pasti bisa karena dulu saja juga sangat awam mengenai PLC ini.

     Nah Mengenai PLC ini apakah kamu sudah membaca artikel saya sebelumnya yaitu Dasar - Dasar PLC...?????

     Tentunya kamu bertanya- tanya bagaimana yang kita dapat membaca leader atau program yang ada dalam PLC tersebut..??

     Nah pada kesempatan ini akan saya jelasakan bagaimana sih cara membaca program PLC. Saya akan beri penjelasan yang sangat simple dengan saya ikutkan gambar kerja agar para pemca lebih mudah dalam memahami dan langsung mempratekkannya.

     Dalam penjelasan ini saya memberikan contoh PLC brand Mitsubishi dengan type CPU FX1S. Untuk selanjutnya sebalum memulai membaca program tersebut tentunya kalian harus menyiapkan software pembaca dulu seperti genarasi GX Developer, GX Work 2 dan GX Work 3. Karena PLC brand mitsubishi hanya dapat di baca menggunakan software tersebut. OK kita teruskan saja read program PLC dengan cepat dan mudah, berikut penjelasannya :

1.   Pastikan kamu mempunyai Software GX Developer,
Layar utama Software GX Developer Mitsubishi
2.  Siapkan juga kabel connection dan jangan lupa install driver kabel konveternya ya di PC/ Laptop kamu ya.
3.  Koneksikan PC/ Laptop dengan PLC menggunakan kabel koneksi tersebut. Selanjutnya buka software GX developer.
4. Setelah terbuka, klik tab Online dan klik Read from PLC.
5. Maka akan muncul select PLC series. Maksudnya kamu disuruh memilih type CPU dari PLC yang akan kamu baca. Dan pastikan kamu mencocokkan dengan PLC yang tertera di part number PLC yang akan kamu baca ya.
6. Setelah di pilih type CPU PLC klik OK,
  Klik 1X pada gambar Serial USB maka akan keluar PC side I/F Serial Setting yang digunakan untuk memilih type koneksi, COM port dan transmision speed. Ingat harus sama dengan USB port di PC/ Laptop ya.
Gbr.2 Setting Com port
7. Setelah kamu cocokan COM port PLC dengan PC/ laptop, Klik OK pada indikasi tab PC side I/F Serial Setting kemudian Klik OK.
  • Jika koneksi tidak benar maka akan ada message An unusable COM port was specified. Execute again after checking the COM port setting. 
  • Nah jika tidak bisa connect coba kamu cek adalah port dari PC/ laptop kamu apakah sudah sama dengan port PLC cocokkan port PC/ laptop dengan port PLC.
  • Dan apabila koneksi antara PLC dengan PC sudah benar maka akan muncul item cek list semua data tersebut seperti : Main, PLC, parameter, dan device data. (Cek list semua)
  • Kemudian kamu klik Execute.
8. Setelah klik Execute tunggu beberapa detik. Program akan memproses membaca leader yang ada di dalam CPU PLC tersebut. Proses tergantung dari leader yang tersimpan di memory PLC tersebut jika data leader sedikit maka proses Reading akan cepat tetapi sebalikanya jika data leadernya banyak maka proses Reading akan lumayan lama. Setelah selesai membacanya maka akan keluar pesan Successfully connected with the FX1SCPU (FX1SCPU muncul karena tipe CPU untuk blog ini saya pakai FX CPU).
9. Klik OK maka kamu sudah dapat melihat isi program leader pada PLC yang akan kamu lihat tersebut.
Gbr.3 Leader PLC

Dari kesembilan urutan tersebut merupakan cara untuk membaa sebuah program atau leader pada PLC Mitsubishi. Pada gambar 3 tersebut merupakan leader program yang digunakan untuk mengontrol sebuah peralatan elektronik, pnenumatic, relay dan masih banyak lagi yang bisa di kontrol.

    Ok cukup sekian bahasan mengenai cara membaca leader program sebuah PLC. Mungkin hal ini sangat panjang tetapi semoga tema kali ini dapat menambah ilmu dan dapat membatu kamu semua dalam mempelajari PLC tentunya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan... Terima Kasih
Senangnya dapat berbagi ilmu.