Pages - Menu

Sabtu, 14 Januari 2017

Sistem Listrik 3 Phase



SISTEM LISTRIK 3 PHASE

Pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan mengenai perbedaan arus listrik AC maupun arus listrik DC. Nah sekarang akan saya bahas mengenai sistem listrik 3 phase..
Sistem 3 phase ini diperkenalkan dan dipatenkan olehe Nikola Tesla. Dan dalam penggunaannya sistem ini telah banyak di adopsi oleh beberapa perusahaan di dunia. Sistem 3 phase memiliki keunggulan yaitu lebih ekonomis dibandingkan dengan sistem 2 phase maupun 1 phase. Dikatakan lebih ekonomis atau lebih hemat karena listrik 3 phase ini dapat menghantarkan daya listrik yang besar meski dengan ukuran penghantar yang sama dengan sistem listrik 2 atau 1 phase. Dengan menggunakan sistem 3 phase maka motor listrik akan memiliki tenaga yang maksimal.

Listrik 3 phase sebenarnya menggunakan sistem arus AC yang mempunyai 3 penghantar dengan sudut phase sebesar 120 degree. Dalam sistem 3 phase terdapat 2 macam hubungan antara lain hubung bintang atau star dan hubung delta. Berikut penjelasan mengenai kedua hubung listrik 3 phase tersebut, antara lain :
1. Listrik 3 phase hubung bintang ( Y).
Hubung bintang identik dengan huruf Y, lebih jelasnya kita lihat gambar di bawah berikut:


Gbr diatas merupakan sistem 3 phase dengan tegangan 200V/ 100V

Pada gambar diatas terdapat 2 macam tegangan yang dikenal dengan tegangan antar phase ( Vpp : Voltage phase to phase ) dan tagangan phase ke netral (Vpn : Voltage phase to netral). Dengan sistem netral digroundingkan ke tanah. Di indonesia sendiri sistem 3 phase tiap phasenya diberi simbol R-S-T atau X-Y-Z dengan netral ( N). Penjelasan dari gambar diatas antara lain :
1.      Tegangan antar phase yaitu phase R dengan Phase S disebut dengan tegangan 200 V 1 phase dengan tidak diberikan netral atau Ground. Dapat digunakan untuk menghidupkan listrik, perangkat elektrik dengan tegangan input ± 200 V.
2.      Tegangan antar phase dengan netral yaitu phase R, S degan netral disebut tegangan 200 V 1 phase tetapi penggunaannya menggunakan netral.
3.      Tegangan phase dengan netral yaitu phase T/ S dengan netral disebut tengan 100 V dapat digunakan perangkat listrik bertegangan ± 100 V.
4.      Tegangan antar phase dengan phase yaitu phase R, phase S dan phase T ini disebut tegangan 200 V 3 phase
Tegangan 3 phase hubung bintang atau star ini dapat langsung digunakan oleh konsumen atau pengguna karena output sudah sesuai dengan standar tegangan dengan menghasilkan netral.
2. Listrik 3 phase hubung delta
Gambar diatas merupakan listrik 3 phase hubung delta, prinsip dari hubung delta ini sama dengan hubung star. Bedanya untuk hubung delta biasanya tegangan lebih besar bisa sampai 1000 volt dan hubung delta tidak bisa langsung digunakan oleh konsumen karena tegangannya tidak sama dengan listrik yang digunakan di area perusahaan ataupun perangkat elektronika yang ada di indonesia. Hubung delta dapat menampung tegangan yang lebih besar sehingga biasanya digunakan di gardu utama perusahaan listrik.
Penggunaan 3 phase hubung delta biasa digunakan untuk tegangan utama yang disambungkan dengan sebuah trafo step down. Dengan penggunaan trafo step down ini tegangan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan misalnya tegangan dari gardu utama PLN sebesar 20000 V dengan hubung delta maka dengan di step down hubung star 220 V dengan penggunaan netral maka hasilnya dapat digunakan perangkat elektronik di perumahan ataupun diperusahaan.
Dari penjelasan diatas mengenai listrik 3 phase hubung star dan hubung delta sama- sama digunakan tergantung penggunaan dan manfaatnya. Intinya hubung star dapat langsung digunakan untuk perangkat elektronika, tetapi untuk hubung delta belum bisa langsung digunakan karena dalam hubung delta tegangan yang ada terlalu besar sehingga dibutuhkan trafo step down untuk menyesuaikan listrik dari perangkat elektronika.
Ok sekian dari saya ya gan mengenai listrik 3 phase, tunggu kelanjutan artikelnya ya gan. Semoga bermanfaat artikel yang saya tulis ini........
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan... Terima Kasih
Senangnya dapat berbagi ilmu.